Rakor Perencanaan Anggaran, KPU RI Ingatkan Pentingnya Perencanaan di Tahun 2019

Anggota KPU RI Divisi Perencanaan Keuangan dan Logistik, Pramono Ubaid Tanthowi, MA saat membuka Rakor Renja KPU Tahun Anggaran 2019 di Hotel Double Tree Cikini Jakarta, Tanggal 14 Februari 2018.

Jakarta, kpu-papuabaratprov.go.id- “Kalau kita gagal dalam merencanakan berarti kita sedang merencanakan untuk gagal” kata Pramono Ubaid Tanthowi, MA Anggota KPU RI Divisi Perencanaan, Keuangan dan Logistik dalam sambutan pembukaan Rapat Koordinasi Penyusunan Rencana Kerja Anggaran (Renja) Komisi Pemilihan Umum Tahun Anggaran 2019 di Hotel Double Tree Jakarta pada Rabu (14/2/2017) pukul 20.30 WIB.

Mengawali sambutannya Pramono menjelaskan, setiap penyelenggaraan Pemilu harus dilaksanakan dalam tahapan, program, dan jadwal yang sudah dibuat dan secara administrasi harus disesuaikan dengan tahun anggaran.

“Penyusunan perencanaan program dan anggaran kali ini sangat penting karena terkait perencanaan tahapan Pemilu 2019. Pertaruhannya sangat besar sekali karena terkait dengan keberlangsungan, keberlanjutan pemerintahan negara Republik Indonesia yang harus kita jamin dari sisi tahapan tahapan Pemilunya. Jika ada tahapan Pemilu yang terganggu hanya karena kesalahan kita dalam merencanakan program dan anggaran, berarti kita termasuk bagian yang memiliki masalah” kata pria lulusan S-2 Ilmu Politik Hawaii University at Manoa ini.

“Kita harapkan dari kegiatan dalam dua hari kedepan kita betul-betul bisa merencanakan, menyusun, memproyeksi kebutuhan kebutuhan kedepan. Bukan hanya dari sisi program tapi juga daya dukung yang lain sumber daya manusia, bukan hanya dari sisi tahapan-tahapan pemilunya tetapi juga dari biaya-biaya rutinnya. Itu semua (harus) kita pikirkan” dia menambahkan.

Dalam pembukaan Rakor hadir juga tiga Anggota KPU RI yang lain, seperti Hasyim Asy’ari, Evi Novida Ginting Manik, Ilham Aden, Sekjend KPU RI Arif Rahman Hakim, dan Karo Perencanaan dan Data Sudariyandono. Adapun Ketua KPU RI Arief Budiman tidak bisa hadir dalam pembukaan karena pada saat yang sama sedang mengikuti siaran langsung di TV ONE mensosialisakan tahapan-tahapan Pemilu dan Pemilihan.

Selain mewajibkan kehadiran anggota KPU provinsi divisi perencanaan program data, Kabag/Kasubag perencanaan dan data dan sekretaris KPU provinsi seluruh Indonesia sebagai peserta, peserta Rakor juga diwajibkan menyiapkan dua belas materi sebagai bahan Rakor.

Dua belas materi itu antara lain, rencana kerja anggaran tahun 2019, prakiraan kebutuhan belanja pegawai, rekapitulasi data kebutuhan belanja operasional kantor, rekapitulasi data transportasi kabupaten/kota ke provinsi, kanwil dan bandara terdekat, rekapitulasi data transport panitia pemilih kecamatan. Juga rekapitulasi data transport panitia pemilih kecamatan (PPK), PPS dan KPPS, realisasi anggaran tahun 2017, daftar isian masalah pelaksanaan anggaran tahun 2018, surat pernyataan tanggung jawab mutlak, surat pernyataan tanggung jawab mutlak untuk data wilayah, dan lembar isian konfirmasi kehadiran. 

H. Abdul Halim Shidiq dan Muhammad Akbar Taha sedang menyimak materi Rakor yang disampaikan oleh Kepala Biro Perencanaan dan Data Sudariyandono pada hari ke dua Rakor.

Anggota KPU Provinsi Papua Barat Divisi Perencanaan Keuangan Umum dan Logistik H. Abdul Halim Shidiq dan Kepala Sub Bagian Perencanaan Program dan Data Muhammad Akbar Taha tampak hadir mengikuti kegiatan ini. Sedangkan Sekretaris KPU Provinsi Papua Barat Thamrin Payapo tidak hadir karena sedang berduka atas meninggalnya sang istri di Surabaya sehari sebelum Rakor dimulai. (Ahashid)

KPU Papua Barat

Jl. Arfai II, SMKA Manokwari - Papua Barat

0986-211913

[email protected]

Facebook KPU Papua Barat

Twitter KPU Papua Barat

Kontak Kami