Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU PB Sasar Ratusan Pelajar

Komisioner KPU PB Pascalis Semunya, saat memandu kegiatan Sosialisasi Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilihan Gubernur dam Wakil Gubernur Papua Barat 2017, yang diikuti ratusan pelajar dari 13 SMA/SMK se-Kabupaten Manokwari, Rabu (16/11/2016) di gedung PKK jalan percetakan Manokwari.
Komisioner KPU PB Pascalis Semunya, saat memandu kegiatan Sosialisasi Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilihan Gubernur dam Wakil Gubernur Papua Barat 2017, yang diikuti ratusan pelajar dari 13 SMA/SMK se-Kabupaten Manokwari, Rabu (16/11/2016) di gedung PKK jalan percetakan Manokwari.

MANOKWARI- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Barat (PB) gencar mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur PB 15 Februari 2017 mendatang.

Kali ini, Rabu (16/11/2016) KPU menyasar ratusan pelajar SMA/SMK se-Kabupaten Manokwari yaitu dalam kegiatan Sosialisasi Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilihan Gubernur dam Wakil Gubernur Papua Barat 2017.

Kegiatan yang diikuti ratusan pelajar dari 13 SMA/SMK yang ada di Manokwari tersebut, tampak efektif. Lantaran beberapa diantara pelajar diberi kesempatan untuk berperan sebagai kandidat anggota legislatif (DPR) dan masing-masing diantaranya menyampaikan visi-misi dihadapan ratusan pelajar lainnya.

20161116_103919Dari ratusan pelajar tersebut dibagi empat kelompok atau empat wilayah. Yaitu wilayah Manokwari I, II, III dan IV. Berbagai isu dan idepun diangkat oleh mereka (Pelajar red).

Antara lain, mencanangkan Manokwari bebas sampah, Manokwari damai tanpa mempersoalkan perbedaan, Monokwari yang sehat, sejahtera aman dan Manokwari yang maju di bidang pendidikan serta Manokwari yang unggul akan Sumber Daya Manusia.

Tidak hanya itu, kegiatan yang digelar di gedung PKK jalan Percetakan Manokwari dan dipandu langsung oleh dua Komisioner KPU, yakni Pascalis Semunya dan Christine Ruth Rumkabu itu, memberi kesempatan para peserta untuk memilih para kandidat yang sebelumnya telah menyampaikan visi-misinya.

20161116_111506Tak berhenti disitu, para peserta juga dijelaskan terkait apa itu pemilih Pemulah oleh Kasubag Teknis dan Hubmas KPU Iksan Payapo. Dijelaskannya, bahwa pelajar yang berada diusia 17 tahun maupun tepat 15 Februari 2017 baru memasuki 17 tahun maka tergolong Pemilih Pemula. “Jadi untuk adik – adik yang hari ini suda berumur 17 tahun bisa mengajukan pembuatan KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dari sekarang. Karenan kalian yang sudah 17 tahun memiliki hak suara,” tuturnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Christine Ruth Rumkabu mengatakan, kegiatan serupa sebelumnya telah digelar di Kota Sorong. Dan diikuti pula oleh ratusan pelajar SMA/SMK yang ada.

Dijelaskan Christine, bahwa kegiatan ini selain khusus menyasar pelajar yang merupakan Pemilih Pmula, juga keseluruh lapisan masyarakat PB. Tujuannya yaitu meningkatkan partisipasi masyarakat secara langsung dalam menggunakan hak pilihnya. “Intinya kegiatan kami, mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2017 nanti,” tutur dia.

Dan disebutkannya, kegiatan seperti ini, bukan kali ini saja, namun KPU  secara berjenjang mendatangi masyarakat pada setiap daerah. Karena itu kata dia, sudah menjadi tanggungjawab KPU hingga Kabupaten/Kota sebagai penyelenggara meningkatkan partisipasi masyarakat dalam setiap gelaran Pemilihan Umum (Pemilu).

“Kami secara berjengjang turun di daerah lakukan sosialisai. Jadi bukan Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur saja, tapi tanggungjawab kami untuk semua Pemilu,” pungkasnya. (TNJ)

 

 

KPU Papua Barat

Jl. Arfai II, SMKA Manokwari - Papua Barat

0986-211913

[email protected]

Facebook KPU Papua Barat

Twitter KPU Papua Barat

Kontak Kami