KPU dan Pasangan Calon Sepakati Jadwal dan Lokasi Debat Publik

Ketua KPU Papua Barat Amus Atkana (kedua dari kanan) memimpin rapat koordinasi persiapan pelaksanaan debat publik, rapat umum dan jalan santai/karnaval di kantor Komisi Pemilihan Umum Papua Barat, Kamis (22/12). Rakor ini dihadiri ketua pasangan nomor urut 1 dan 3, sementara nomor urut 2 dihadiri langsung calon wakil gubernur Abdullah Manaray.
Ketua KPU Papua Barat Amus Atkana (kedua dari kiri) memimpin rapat koordinasi persiapan pelaksanaan debat publik, rapat umum dan jalan santai/karnaval di kantor Komisi Pemilihan Umum Papua Barat, Kamis (22/12).

MANOKWARI— Tim sukses pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Papua Barat, Kamis (22/12), menghadiri rapat koordinasi persiapan pelaksanaan debat publik, rapat umum dan karnaval di kantor Komisi Pemilihan Umum Papua Barat.

Rakor yang dipimpin Ketua KPU Papua Barat Amus Atkana didampingi komisioner Pascalis Semunya, Christine Rumkabu, Abdul Halim Shidiq dan Sekretaris KPU Thambrin Payapo tersebut, menetapkan jadwal debat publik calon gubernur dan wakil gubernur Papua Barat tahun 2017.

KPU Papua Barat dan tim pemenangan calon menyepakati debat sebanyak dua kali, yakni pada 20 Januari dan 2 Februari 2016, yang akan digelar di Jakarta dan disiarkan langsung oleh Metro TV.

Penetapan jadwal dan penayangan debat publik diatur dalam Peraturan KPU (PKPU), yang juga dilakukan oleh 6 KPU tingkat provinsi yang menggelar Pilkada serentak tahun 2017.

“Debat di Jakarta lebih ekonomis dan efisien ketimbang harus mendatangkan Metro TV dan alat siaran langsungnya ke Papua Barat. Kami telah menghitung itu sesuai ketentuan yang ada dan tentunya bisa dipertanggungjawabkan,” kata Komisioner KPU Papua Barat Divisi Hukum Pascalis Semunya.

Pascalis menjelaskan, dalam debat para kandidat akan menyampaikan visi misi, termasuk menyampaikan visi mereka soal isu pendidikan, kesehatan, ekonomi dan pembangunan.

KPUPB telah menyiapkan tim pakar dari kalangan akademisi sebagai penanggap dalam debat tersebut. Kalangan akademisi itu berasal dari Universitas Papua (Unipa) Manokwari, Universitas Muhammadiyah Sorong (UMS), Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura dan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

“Tim pakar akan membedah, menggali dan mempertajam visi-misi tiap pasangan calon. Harapannya masyarakat dapat menyaksikan langsung dan menilai kemampuan calon-calon yang akan mereka pilih,” ujar Pascalis.

Selain penetapan jadwal dan lokasi pelaksanaan debat publik, KPU bersama pasangan calon juga menyepakati waktu pelaksanaan rapat umum dan karnaval/jalan santai.

Selain penetapan jadwal dan lokasi pelaksanaan debat publik, KPU bersama pasangan calon juga menyepakati waktu pelaksanaan rapat umum dan karnaval/jalan santai.

Kesepakatan debat publik, rapat umum dan jalan santai dituangkan dalam berita acara yang ditandatangani KPU Papua Barat bersama Ketua Tim Pemenangan pasangan calon nomor 1 Dominggus Mandacan – Mohamad Lakotani, Yohana Watofa; Pasangan nomor urut 2 Irene – Manibuy – Abdullah Manaray, langsung ditandatangani Abdullah Manaray; sementara pasangan nomor urut 3 Stepanus Malak – Ali Hindom oleh Ketua Tim Pemenangan Fery Flasi. (TNJ/*)

 

KPU Papua Barat

Jl. Arfai II, SMKA Manokwari - Papua Barat

0986-211913

[email protected]

Facebook KPU Papua Barat

Twitter KPU Papua Barat

Kontak Kami