Kompak, Tiga Paslon Suarakan Kampanye Damai

Ketua KPU – PB Memimpin Penepukan Tifa dan disusul para Paslon Gubernur – wakil Gubernur, sebagai tanda Deklarasi Kampaye Berintegritas dan Damai, Kamis (27/10/2016) di Lapangan Borasi Manokwari
Ketua KPU – PB Amus Atkana Memimpin Penepukan Tifa dan disusul para Paslon Gubernur – wakil Gubernur, sebagai tanda Deklarasi Kampanye Berintegritas dan Damai, Kamis (27/10/2016) di Lapangan Borasi Manokwari

MANOKWARI- Tiga Pasangan Calon (Paslon) Gubernur – Wakil Gubernur Papua Barat (PB) kompak suarakan Kampanye Damai.

Dominggus Mandacan – Mohamad Lakotani (DOAMU), Irene Manibuy – Abdulah Manaray (IMAN) dan Stefanus Malak – Ali Hindom (MADOM) ketiganya senada menyatakan sikapnya untuk menghadirkan Pemilihan Gubernur – Wakil Gubernur (Pilgub) yang Berintegritas dan Damai.

Hal itu dinyatakan, dalam gelaran Deklarasi Pilgub yang Berintegritas dan Damai yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) PB, Kamis (27/10) di Lapangan Sepak Bola Borasi Manokwari.

Tampak ketiganya diarahkan ke atas panggung yang disediakan KPU untuk menepuk Tifa pertanda Deklarasi Pilgub Berintegritas dan Damai dimulai.  Tifa pun dipukul sebanyak 13 kali sebagai lambang 13 Kabupaten/Kota yang ada di PB. Diawali Ketua KPU Amus Atkana dengan menepuk Tifa 3 kali dususul Anggota Bawaslu 1 kali dan dilanjutlan masing – masing 1 kali untuk Paslon.

Bukan hanya itu, ketiganya diberi waktu untuk menyampaikan Orasi Politiknya dihadapan massa pendukung serta tamu yang hadir. Pasangan DOAMU yang mendapat giliran pertama menyampaikan rasa terimakasihnya pada semua pihak yang setia mengawal dan mendukungnya hingga dirinya dinyatakan lolos menjadi Paslon.

“Patut kami sampaikan rasa hormat dan terimakasih untuk semua dukungan, Doa dan dari Doa itu tuhan dengar, tuhan jawab DOAMU,” tuturnya dusambut teriakan dukungan massa pendukung.

Pasangan ini pun, menyebutkan bahwa DOAMU adalah pasangan pertama yang mendapatkan dukungan pengusungan Partai Pokitik. Dan kata dia, pasngan DOAMU yang pertama mendaftar Ke- KPU PB, Pangan DOAMU pula yang mencabut nomor undi pertama dalam gelaran pengundian nomot urut.

“Dan pasangan DOAMU kembali mendapat nomor urut 1.  Ini adalah nomor kemenangan DOAMU,” ucapnya kembali diasambut teriakan dukunga dari sejumlah massa pendungnya.

Terkahir dikemukakannya, “Mari kita bekerja jujur dan benar diatas tanah ini. Kalau kita jadi pemimpin bekerja tidak adil sampai kapanpun rakyat tidak akan sejahtera. Mari kita hadirkan Pilgub yang jujur, aman, damai dan sukses,” tutupnya.

img-20161027-wa0075

Sementara itu, pasagan IMAN yang mendapat giliran ke -dua, mengatakan  selaku satu – satunya calon Gubrnur Perempuan di PB ia menginginkan kembali menyambung kasih diatas tanah ini. “Kami siap menjunjung tiggi  cara – cara yang bermartabat sembari menjaga nuansa negeri ini aman dan damai,” ucapnya.

“Saya ingin menyapa salam kasih kepada rekan sejawat saya bapak Dominggus Mandacan dan bapak Stefanus Malak. Sebagai sesama anak negeri mari kita besama membangun negeri ini.  Suara rakyat adalah suara tuhan oleh karenea siapaun menjadi Gubernur itulah yang terbaik,” tutupnya juga disambut teriakan dukungan dari massa pendukungnya.

20161027_170945

Pasangan MADOM pun tidak mau kalah dari rifalnya. Ia mengajak semua pihak untuk patut menghormati dan melaksanakan Pilgub damai, aman dan bersih sesui kespakatan serta komitmen saat ini. “Siapa pun yang terpilih nantinya itulah yang terbaik. Tuhan tau isi hati kami, tuhan tau niat kami untuk membangun PB yang lebih baik dan sejahtera,” tuturnya.

“Marilah kita hadirkan suasana  kampanye yang aman, jujur dan baik. Mari Kita tampilkan ide – ide kita masing – masing dengan santun,” ucapnya.

Dan terakhir masing – masing Paslon menandatangani fakta integritas yang berisi tiga poin utama. Diantaranya siap menciptakan Pemilihan Kepala Daerah yang Beritegritas dan Damai, mewujudkan kemajuan daerah dan menjaga keutuhan  Negara Kesatuan Republik Indonesia serta tunduk dan patuh terhadap peraturan perudang – undangan yang berlaku.

img-20161027-wa0076

Ketua KPU PB, Amus Atkana SPt MM, yang hadir bersama komisioner lainnya, Christine Ruth Rumkabu SP, Pascalis Semunya SSos dan Sekretaris KPU, Ir MR Thamrin Payapo dalam sambutanya kembali mengingatkan pada para Paslon untuk mengedepankan kampanye yang berkualitas, bersih, jujur dan aman sehingga mengahasilkan Pilgub yang Berintegritas dan Damai.

“Saudara – saudaraku adalah putra – putri tanah ini (PB red) yang terbaik untuk membangun serta mensejahterakan rakyat. Untuk itu bersainglah secara sehat, ikuti aturan yang ada karena PB adalah tanah kita semua,” ucap Atkana pada kegiatan yang juga dihadiri perwakilan Pemerintah Provinsi PB, DPR, Polda dan Bawaslu PB.

Atkana pada kesempatan itu juga mengatakan, tahapan kampanye akan berlansung pada 28 Oktober 2016 hingga 11 Februari 2017.

Atkana berharap, selama berkampanye para kandidat mengedepankan etika dan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat. “Hindari komunikasi yang bersifat profokatif, tolong juga hindari black campaign. Kedepankan kampanye bermartabat, mendidik serta mendukung perkembangan praktik demokrasi yang baik di Papua Barat,” katanya lagi.

Dia berharap,  masa kampanye dimanfaatkan para kandidat untuk menyampaikan secara tuntas visi misi pembangunan yang akan dilaksanakan pada lima tahun kedepan. Hal ini dinilai sebagai cara kampanye yang tepat untuk mendukung pembangunan demokrasi di daerah ini. (TNJ)

KPU Papua Barat

Jl. Arfai II, SMKA Manokwari - Papua Barat

0986-211913

[email protected]

Facebook KPU Papua Barat

Twitter KPU Papua Barat

Kontak Kami