Gelar Pleno Penetapan DPS, KPU PB Serukan Jangan Beropini

Ketua KPU Papua Barat (PB), Amus Atkana SPt MM, memimpin Rapat Pleno Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) PB, bersama empat komisioner lainnya, Yotam Senis SSos MA, Christine Ruth Rumkabu SP, Abdul Halim Shidiq SSos, Pascalis Semunya SSOs dan Sekretaris KPU, Ir MR Thamrin Payapo, Rabu (02/11) di Swiss-bell Hotel Manokwari.
Ketua KPU Papua Barat (PB), Amus Atkana SPt MM, memimpin Rapat Pleno Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) PB, bersama empat komisioner lainnya, Yotam Senis SSos MA, Christine Ruth Rumkabu SP, Abdul Halim Shidiq SSos, Pascalis Semunya SSOs dan Sekretaris KPU, Ir MR Thamrin Payapo, Rabu (02/11) di Swiss-bell Hotel Manokwari.

MANOKWARI- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat (PB) menyerukan, baik pada Pasangan Calon (Paslon) Gubernur – Wakil Gubernur beserta Tim Suksesnya maupun seluruh Anggota KPU yang ada di 13 Kabupaten/Kota, agar jangan beropini terkait Daftar Pemilih.

“Kita tidak usah berargumen dan beropini, tapi marilah kita laksanakan tugas pendataan secara sinergi sehingga kualitas pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Baik Bupati/Wali Kota maupun Gubernur – Wakil Gubernur berjalan dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan,” serunya sesaat sebelum membuka Rapat Pleno Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Papua Barat (PB), Rabu (02/11) di Swiss-bell Hotel Manokwari.

Dalam sambutannya, Atkana juga mengemukakan, bahwa merujuk pada ketentuan Perundang – undangan tentang tahapan, program dan jadwal. Maka saat ini berada pada tahap pelaksanaan kampanye. Terhitung 28 Oktober hingga 11 Februari 2017 mendatang.

“Hari ini kita melaksanakan proses penetapan DPS yang nantinya akan dilakukan perbaikan dikembalikan lagi ke tingkat PPS untuk mendapatkan koreksi sehingga ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT),” tutur Atkana dalam sambutanya yang didampingi empat komisioner lainnya, Yotam Senis SSos MA, Christine Ruth Rumkabu SP, Abdul Halim Shidiq SSos, Pascalis Semunya SSOs dan Sekretaris KPU, Ir MR Thamrin Payapo.

Kegiatan tersebut hanya dihadiri KPU di 11 Kabupaten/Kota dari 13 yang ada, mines Tambrauw dan Maybarat. Dan tampak, hanya  Pasangan Calon (Paslon)  nomor urut 3 yakni Stefanus Malak – Ali Hindom (MADOM) yang mengikuti gelaran tersebut. Sementara Paslon Dominggus Mandacan – Mohamad Lakotani (DOAMU) dan Irene Manibuy – Abdullah Manaray (IMAN) diwakili Tim Suksesnya masing – masing.

Selanjutnya setelah Rapat Pleno resmi dibuka oleh Ketua KPU PB, Amus Atkana, masing –  masing KPU Kabupaten/Kota yang hadir, diberi waktu membacakan jumlah DPS- nya.

Diawali KPU Kabupaten Sorong, Kota Sorong, Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Raja Ampat, Fak – fak dan Kaimana serta terakhir ditutup Kabupaten Sorong Selatan.

Ketua KPU PB, Amus Atkana mengatakan, ketidakhadiran KPU Tambrauw dan Maybrat dalam Rapat Pleno Penetapan DPS ini, dikarenakan kondisi Geografis yang ada. Oleh Karena itu pihaknya menjadwalkan kegiatan tersebut dua hari. Yakni Rabu (02/11) hingga Kamis, (03/11).

“Kita memang jiadwalkan kegiatan penetapan DPS dalam dua hari mengingat kondisi geografis wilayah Kabupaten/Kota yang jauh,” ujaranya lagi.

Rapat Pleno yang juga dihadiri Badan Pengawas Pemilu (Bawslu) PB, Alfredo Ngamelubun, Divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran dan Sors Prawar Divisi Sumber Daya Manusia, serta Kepal Biro Operasi (Karoops) Polda PB ,Kombes Pol M Saragih tersebut, diskors dan akan dilanjutkan Kamis, (03/11), pada tempat yang sama, sekira pukul 14.00 WIT.  Diketahui Pada kegiatan nanti, KPU PB akan menetapkan jumlah DPS secara keseluruhan dari 13 Kabupaten/Kota yang ada. (TNJ)

 

KPU Papua Barat

Jl. Arfai II, SMKA Manokwari - Papua Barat

0986-211913

[email protected]

Facebook KPU Papua Barat

Twitter KPU Papua Barat

Kontak Kami