DPT Papua Barat Resmi Ditetapkan, KPU : Kita Fokus Persiapan Tahapan Pencetakan Kertas Suara

Rapat Pleno Terbuka, dipimpin oleh Pelaksana tugas (Plt) Ketua KPU PB Yotam Senis bersama tiga komisioner lainnya yaitu, Christine Ruth Rumkabu, Pascalis Semunya, Abdul Halim Shidiq dan Sekretaris KPU, Ir MR Thamrin Payapo, di Aston Niu Hotel Manokwari, Kamis (8/12).
Rapat Pleno Terbuka, dipimpin oleh Pelaksana tugas (Plt) Ketua KPU PB Yotam Senis bersama tiga komisioner lainnya yaitu, Christine Ruth Rumkabu, Pascalis Semunya, Abdul Halim Shidiq dan Sekretaris KPU, Ir MR Thamrin Payapo, di Aston Niu Hotel Manokwari, Kamis (8/12).

MANOKWARI- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Barat (PB) akhirnya menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilhan Gubernur dan Wakil Gubernur PB 2017 mendatang sebanyak 701.807 pemilih.

Penetapan itu dilakukan melalui Rapat Pleno Terbuka di Aston Niu Hotel Manokwari, Kamis (8/12), dipimpin oleh Pelaksana tugas (Plt) Ketua KPU PB Yotam Senis bersama tiga komisioner lainnya yaitu, Christine Ruth Rumkabu, Pascalis Semunya, Abdul Halim Shidiq dan Sekretaris KPU, Ir MR Thamrin Payapo.

Kegiatan yang dimulai, Rabu (7/12) dan diikuti oleh seluruh KPU se-Kabupaten/Kota tersebut diskor dan dilanjutkan kembali hari ini (Kamis red) sekira pukul 11.30 WIT, yaitu Pembcaan Hasil Pleno Penetapan DPT dari Kabupaten Tambraw.

Pada hari pertama, DPT di 12 Kabupaten/Kota telah mendapat penetapan oleh KPU PB. Diantaranya KPU Teluk Wondama, disusul Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Kota Sorong, Raja Ampat, Fak-fak, Sorong, Teluk Bintuni, Manokwari dan Sorong Selatan serta Maybrat dan terakhir hari ini Kabupaten Kaimana.

Jumlah masing-masing DPT pada 13 Kabupaten/Kota diantaranya, Kabupaten Teluk Wondama Berjumlah 24.210 DPT, Manokwari Selatan 20.679, Pegunungan Arfak 31.735, Kota Sorong 158.121, Raja Ampat 36.695, Fak-fak 52.089, Sorong 85.899, Teluk Bintuni 45.465, Manokwari, 122.542, Sorong Selatan 39.183, Maybrat 28.914, dan Kaimana 31.277, serta Kabupaten Tambrauw sebanyak 24.998 DPT.

20161207_114739Plt Ketua KPU PB Yotam Senis mengatakan, selanjutnya KPU PB, akan kembali fokus pada persiapan tahapan pencetakan kertas suara. “Kita sekarang fokus persiapan cetak kertas suara. Sambil mempersiapkan kelengkapan administrasi lain. DPT ini sebagai dasar untuk mencetak kertas suara,” ungkapnya usai kegiatan berlangsung.

Senis juga menyebutkan, bahwa DPT yang ditetapkan tersebut, terjadi penurunan dari DPT pada Pemilu terakhir di 13 Kabupaten/Kota. Yaitu di 9 Daearah mengadakan Pilkada dan 4 Daearah Pemilihan Presiden. Jumlahnya mencapai 715.367 Pemilih.

Dia menerangkan, penurunan ini dipengaruhi adanya berbagai perbedaan dari Pemilu sebelumnya. Disebutkannya. Dianataranya Peraturan KPU saat ini mensyaratkan pemilih yang terdaftar ialah yang memiliki E-KTP pada daerah tersebut. Kemudian papar dia, sistim yang digunkan KPU didaerah ialah sistim yang terintergrasi dengan KPU RI. Selain itu, adanya pergeseran jumlah penduduk baik disebabkan karena meninggal dunia maupun berpindah tempat tinggal kedaerah lainnya.

“Yang jelas sistem sekarang lebih rapi DPT ini sangat akurat dan dasar penetapannya dilakukan dengan sistem yang baik,” kata Senis.

Dia juga mengatakan, bahwa penetapan DPT PB, sudah sesuai ketentuan sebagaiamana, pasal 13 PKPU nomor 8 tahun 2016 tentang perubahan atas PKPU nomor 4 tahun 2015 tentang pemuktahiran data dan daftar pemilih dalam pemilihan Gubernur- Wakil Gubernur/Bupati-Wakil Bupati dan Wali Kota- Wakil Wali Kota.

“Sesui keputusan KPU nomor 75/Kpts/KPU.Prov.032/IX tahun 2016 tentang tahapan program dan jadwal penyelenggraan pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur PB 2017,” ujarnya.

Penandatanganan SK Penetapan DPT Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur PB, OLeh KPU PB diikuti ketua KPU Se-Kabupaten/Kota dan Masing-masing dari Perwakilan Pasangan Calon.
Penandatanganan SK Penetapan DPT Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur PB, OLeh KPU PB diikuti ketua KPU Se-Kabupaten/Kota dan Masing-masing dari Perwakilan Pasangan Calon.

Selanjutnya setelah Rapat Pleno resmi ditutup oleh Plt Ketua KPU PB Yotam Senis, masing-masing saksi dari Pasangan Calon untuk menerima SK penetapan DPS tersebut. Kemudian disusul ketua-ketua KPU Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Raja Ampat, Fak – fak, Kaimana, Sorong Selatan dan Maybrat serta terakhir ditutup dari Kabupaten Tambrauw. (TNJ)

 

 

 

 

 

 

KPU Papua Barat

Jl. Arfai II, SMKA Manokwari - Papua Barat

0986-211913

[email protected]

Facebook KPU Papua Barat

Twitter KPU Papua Barat

Kontak Kami