Gelar Evaluasi Tahapan Kampanye, KPU PB Terima Masukan Positiv

Kegiatan FGD KPU PB yang dipandu Pelaksana tugas (Plt) Ketua KPU PB Christine Ruth Rumkabu SP, bersama tiga komisioner lainnya, Yotam Senis SSos MA, Abdul Halim Shidiq SSos dan Pascalis Semunya SSos serta Sekretaris KPU, Ir MR Thamrin Payapo, Sabtu (19/11/2016) di Valdos Hotel.
Kegiatan FGD KPU PB yang dipimpin Pelaksana tugas (Plt) Ketua KPU PB Christine Ruth Rumkabu SP, bersama tiga komisioner lainnya, Yotam Senis SSos MA, Abdul Halim Shidiq SSos dan Pascalis Semunya SSos serta Sekretaris KPU, Ir MR Thamrin Payapo, Sabtu (19/11/2016) di Valdos Hotel.

MANOKWARI– Evaluasi jalanya tahapan kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat (PB), Komisi Pemilihan Umum (KPU) PB menerima sejumlah masukan posistiv (Baik).

Evaluasi yang dilakukan melalui gelaran Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Kampanye Sehat, Masyarakat Hebat, Papua Barat Kuat” tersebut dipimpin langsung oleh Pelaksana tugas (Plt) Ketua KPU PB Christine Ruth Rumkabu SP, bersama tiga komisioner lainnya. Yotam Senis SSos MA, Abdul Halim Shidiq SSos dan Pascalis Semunya SSos serta Sekretaris KPU, Ir MR Thamrin Payapo.

Kegiatan yang diikuti oleh sejumlah elemen masyarakat dan perwakilan sebagai peserta FGD itu diantaranya, perwakilan tim pemenangan dari masing-masing Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 1,2 dan nomor urut 3, Ketua Panitia Kerja (Panja) Pilkada DPR PB Dominggus Sani, Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda PB Kombes Pol Muh Sagih dan dari Bawaslu, menyampaikan sejumlah masukan dan pandangan yang bersifat konstruktif (membangun). Sehingga Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang berintegritas dapat diwujudkan.

20161119_125036FGD yang digelar, Sabtu (19/11/2016) di Valdos Hotel ini, juga diikuti oleh akademisi Universitas Papua (Unipa), perwakilan Tokoh Perempuan, Organisasi Lembaga Kemasyarakatan, Perwakilan Kepala Suku dan Pemerintah Daerah PB serta Awak media tersebut, senada mengatakan, sejauh ini proses tahapan kampanye yang telah berjalan sekitar 19 hari tersebut masih kondusif, aman tanpa ada riuk-riuk yang berlebihan yang dapat menimbulkan provokatif.

Plt Biro Pemerintahan Baesara Wael, menuturkan hal senada. “Sejauh ini tahapan kampanye masih berjalan dengan baik dan aman. Untuk itu semua pihak, baik yang terlibat langsung maupun tidak, terus menjaga situasi ini sampai akhirnya nanti,” ujar Baesara yang diberi kesempatan mengengemukakan pandanganya terkait kampanye tersebut.

“Kami dari aparat keamanan khusunya kepolosian dan TNI bersama Pemerintah terus menjaga situasi ini tetap aman dan terkendali. Dan sampai hari ini situasi begitu tenang dan tak ada riuk-riuk yang berlebihan,” terang Karo Ops Polda PB Kombes Pol Muh Sagih.

Sementara Perwakilan Kepala Suku, Tokoh Perempuan dan Awak Media, menyampaikan pandangan yang sama. Dan diharapkannya masaing-masing Paslon Gubernur dan wakil Gubernur terus menunjukan kualitas kampanye yang bermartabat.

Sebelumnya, Plt Ketua KPU Christine Rumkabu dalam sambutanya menuturkan, bahwa tujuan dari kegiatan FGD ini untuk menyerap masukan-masukan terkait tahapan kampanye sehingga KPU PB sebagai penyelenggara dapat melakukan evaluasi. “Sebagaimana yang diharapkan kita semua, menjadikan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur PB yang berintegritas. Mampu menghasilkan pemimpin yang berkualitas seperti harapan masyarakat kita,” paparnya.

20161119_124900Dan disebutkannya kampanye yang sudah berjalan 19 hari dan masih tersisa 90 hari diharapkan masukan-masukan dari peserta FGD dapat menjadi bahan evaluasi penyelenggara.

“Kami sangat beharap forum ini bisa berikan input atau masukan untuk pelaksanaan kampanye yang lebih baik disisa masa kampanye sekira 90 hari lagi,” tutur dia.

Komisioner lainnya Pascalis Semunya yang juga memberikan kata pengantar pada FGD tersebut menyebutkan, tak terasa tahapan demi tahapan pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur ini, telah berada pada tahapan masa kampanye yang saat ini berjalan efektif 19 hari.

“Oleh sebab itu, forum ini kami harap ada masukan yang baik sehingga tujuan kita bersama, bisa diwujudkan yaitu Pemilhan Gubernur dan Wakil Gubernur yang berintegritas,” ucapnya lagi. (TNJ)

 

 

 

KPU Papua Barat

Jl. Arfai II, SMKA Manokwari - Papua Barat

0986-211913

[email protected]

Facebook KPU Papua Barat

Twitter KPU Papua Barat

Kontak Kami