Edukasi Pemilih, Rumah Pintar Pemilu KPU Teluk Bintuni Resmi Dioperasikan

Pengguntingan pita sebagai tanda dibukanya secara resmi Rumah Pintar Pemilu KPU Teluk Bintuni untuk masyarakat umum oleh Anggota KPU Provinsi Papua Barat H. Abdul Halim Shidiq, S.Sos.

Bintuni, kpu-papuabaratprov.go.id- “Dengan memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, saya akan menggunting pita ini sebagai tanda dibukanya secara resmi Rumah Pintar Pemilu KPU Teluk Bintuni untuk masyarakat umum. Bismillahirrahmanirrahiim” kata H. Abdul Halim Shidiq, Anggota KPU Provinsi Papua Barat dalam acara peresmian rumah pintar pemilu di Kantor KPU Teluk Bintuni, Rabu (7/2/2018).

Peresmian rumah pintar pemilu yang dipusatkan di halaman Kantor KPU Teluk Bintuni siang hari itu dihadiri beberapa tamu undangan, seperti ketua dan sekretaris partai politik tingkat kabupaten dari enam belas Parpol di Kabupaten Teluk Bintuni, Ketua Panwaslu Kabupaten Teluk Bintuni, Ketua dan pengurus BEM STIH Teluk Bintuni dan Pendeta Juergen Wopay yang juga mantan Ketua KPU Teluk Bintuni tahun 2003- 2008, serta beberapa undangan dari masyarakat.

H. Abdul Halim Shidiq dalam sambutannya menjelaskan jika RPP di KPU Teluk Bintuni ini adalah RPP yang ketujuh dari rencana empat belas RPP di Provinsi Papua Barat. RPP yang sudah diresmikan oleh Ketua KPU Provinsi Papua Barat adalah RPP KPU Papua Barat, RPP KPU Sorong Selatan, KPU Kota Sorong, RPP KPU Kabupaten Sorong, RPP KPU Fakfak dan RPP KPU Raja Ampat.

Abdul juga mengatakan tujuan KPU RI mendirikan rumah pintar pemilu di seluruh Indonesia untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya pemilu dan demokrasi dengan cara: memperkenalkan nilai-nilai pemilu dan demokrasi kepada pra pemilih, meningkatkan pemahaman pentingnya demokrasi ke seluruh segmen dan menanamkan kesadaran nilai-nilai berdemokrasi juga ke seluruh segmen. “Ketiga cara itu jika dilaksanakan dengan konsisten, maka hasil yang akan dicapai adalah peningkatan partisipasi masyarakat atau pemilih dalam setiap penyelenggaraan Pemilu, baik dari segi kualitas maupun kuantitas partisipasi masyarakat,” ujar Abdul.

Ketua KPU Teluk Bintuni Ahmad Subuh Refideso sedang menjelaskan materi sejarah pemilu kepada para tamu undangan

Setelah pengguntingan pita dan penanda tanganan prasasti peresmian secara simbolis oleh Anggota KPU Provinsi Papua Barat, giliran Ketua KPU Teluk Bintuni Ahmad Subuh Refideso mengajak tamu undangan mengelilingi ruangan rumah pintar pemilu untuk menyaksikan beberapa koleksi milik rumah pintar pemilu KPU Teluk Bintuni.

Dengan sabar dan cerdas, anak adat Suku Irarutu ini menjelaskan kepada undangan beberapa koleksi materi milik rumah pintar pemilu KPU Teluk Bintuni. Koleksi materi itu antara lain sejumlah buku tentang kepemiluan, majalah dan jurnal terbitan KPU RI, maket Tempat Pemungutan Suara (TPS), poster tentang sejarah pemilu, pentingnya nilai-nilai pemilu dan demokrasi, tahapan pemilu, sistim pemilu, peserta pemilu, proses pemilu, dan profil penyelenggara pemilu.

Dalam penjelasan tentang pentingnya nilai-nilai pemilu dan demokrasi, Ahmad Subuh Refideso mengatakan paling tidak ada empat nilai penting pemilu dan demokrasi yaitu memberikan kesempatan kepada setiap warga negara untuk menggunakan hak politiknya, terjaminnya pergantian kepemimpinan secara reguler dan damai, meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat dan mempertahankan kedaulatan rakyat dan tetap tegaknya negara. (Ahashid)

KPU Papua Barat

Jl. Arfai II, SMKA Manokwari - Papua Barat

0986-211913

[email protected]

Facebook KPU Papua Barat

Twitter KPU Papua Barat

Kontak Kami