Verifikasi Faktual, KPU Papua Barat Datangi Enam Perguruan Tinggi

Komisioner KPU Papua Barat

MANOKWARI– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Barat (PB) saat ini sedang melakukan proses verifikasi faktual di enam Perguruan Tinggi (PT).

Ketua KPU PB, Amus Atkana mengatakan, tahapan tersebut mengacu pada Peraturan KPU nomor 5 tahun 2016 tentang tata cara pencalonan. Adapun PT yang disasar KPU PB, merupakan tempat pasangan bakal calon Gubernur – Wakil Gubernur (Cagub – Cawagub) PB menamatkan kuliah pada level Strata Satu (S1).

Perguruan tinggi yang disasar diantaranya Universitas Cendrawasih (Uncen) Jayapura, Universitas Sains Teknologi Jayapura (STJ), Universitas Terbuka (UT) Sorong, Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jakarta.

Pada tahap ini, KPU PB ingin memastikan bahwa ijazah terakhir yang digunakan para bakal calon benar – benar asli dan dikeluarkan oleh PT tersebut. Nantinya, PT yang disasar dalam proses ini dapat membuktikan keaslian ijazah dengan megeluarkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) yang  kemudian dicocokan dengan berkas yang diserahkan.

“Pada prinsipnya verifikasi faktual dilakukan untuk mencegah adanya penggunaan ijazah palsu oleh pasangan bakal Cagub – Cawagub. Juga karena banyak kampus yang tak terdaftar di kementrian DIKTI. Untuk itulah kami turun lapangan,” tutur Amus, Senin (10/10) siang di sekretariat KPU PB.

Meski diantara bakal Cagub – Cawagub ini ada yang pernah mengikuti pencalonan kepala daerah namun KPU PB tetap melakukan verifikasi ulang karena bersifat wajib.

“Kami usahakan selesai dalam satu minggu ini. Selanjutnya kita akan lihat hal – hal lain dan persiapan untuk penetapan menjadi Cagub – Cawagub pada 24 Oktober 2016 nanti,” ujarnya.

Verifikasi faktual, tambah Amus, juga memaparkan bahwa pihaknya saat ini sedang menggelar proses verifikasi terhadap berkas administarasi bakal calon bupati – wakil bupati dan wali kota – wakil wali kota di empat kabupaten/kota.

“Ini semua sedang dilakukan. Tepat 24 Oktober nanti, pasangan calon akan ditetapkan secara serentak,” pungkasnya. (TJ/PB)

KPU Papua Barat

Jl. Arfai II, SMKA Manokwari - Papua Barat

0986-211913

[email protected]

Facebook KPU Papua Barat

Twitter KPU Papua Barat

Kontak Kami