H- 1 Debat Publik, Tiga Paslon Gubernur PB Siap Berduel, Amus : Masyarakat Harus Saksikan

Tiga Pasangan Calon Gubernur dan wakil Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan-Mohamad Lakotani, Irene Manibuy-Abdulah Manaray dan Stepanus Malak-Ali Hindom
Tiga Pasangan Calon Gubernur dan wakil Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan-Mohamad Lakotani, Irene Manibuy-Abdulah Manaray dan Stepanus Malak-Ali Hindom

MANOKWARI-Ketiga pasangan calon gubernur-wakil gubernur Papua Barat (PB), Dominggus Mandacan-Muh Lakotani, Irene Manibuy-Abdullah Manaray dan Stepanus Malak-Ali Hindom dipastikan siap berduel atau beradu program, vis dan misi pada debat kandidat yang akan disiarkan secara live stasiun televisi swasta nasional, Jumat (20/1) malam.

Ketua KPU PB Amus Atkana, SPt., MM meminta masyarakat untuk menyaksikan acara debat kandidat yang akan dipandu moderator Aviani Malik dan Rori Ashari.

‘’Ketiga kandidat bersama tim pemenangan dan masa pendukung sudah berada di Jakarta. Mari kita sama-sama menyaksikan debat,bagaimana ketiga kandidat beradu program,’’ ujar Amus Atkana kepada wartawan.

Bahkan kata dia, KPU PB bersama Paslon sudah melakukan silumulasi debat di redaksi Metro TV. “Kami besama tiga paslon kemarin sudah menggela gladi resik di Studio Metro TV. Ketiga kandidat ini, nampaknya sudah siap untuk berdebat,’’ tutur Amus.

Debat kandidat ini bakal disaksikan para Bupati/Wali Kota se-Provinsi PB lanjutnya. Selain itu, pimpinan dan anggota DPR PB, pimpinan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) serta pengurus partai pendukung paslon.

“Beberapa bupati, anggota DPR PB serta pimpinan SKPD sudah berada di Jakarta,” sebutnya.

Amus mengatakan, pihaknya tak hanya mengundang para pemimpin daerah maupun pimpinan DPR yang ada di PB. Melainkan secara khusus KPU, juga mengundang Presiden RI Joko Widodo.

‘’Tanggal 20 Januari, mulai jam 8 malam waktu Indonesia Barat pastikan ada didepan televisi untuk menyaksikan calon Gubernur dan wakil Gubernur kita berdebat atau menyampaikan visi misinya. Sehingga kita bisa menyimak dan dan menilai, akhirnya kita semua bisa menentukan pilihan,’’ himbaunya.

Pada prinsipnya, lanjut Amus, debat ini untuk mempertegas visi misi dan program kerja para calon dalam memimpin PB selama lima tahun mendatang. Dengan demikian masyarakat benar-benar dapat menilai siapa yang paling layak untuk memimpin daerah ini.

 

Diketahui, tema debat di antaranya menyangkut pelaksanaan otonomi khusus (Otsus). Salah satu pertanyaan soal tanggapan para kandidat terkait pelaksanaan Otsus yang akan berakhir tahun 2021. Acara debat akan terbagi dalam 6 segmen.

Pertanyaan debat kandidat disusun oleh tim pakar (panelis) yang merupakan para akademisi. Diantaranya dari Unipa dan Unhas, yakni Dr.Ir.Agus Sumule (coordinator tim pakar), Dr.Hanike Monim,Ir.Ahmad Rohani. (TNJ/*).

 

 

KPU Papua Barat

Jl. Arfai II, SMKA Manokwari - Papua Barat

0986-211913

[email protected]

Facebook KPU Papua Barat

Twitter KPU Papua Barat

Kontak Kami