Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPUPB Dorong Keberadaan Komunitas Peduli Demokrasi

Pembukaan kursus pemilu komunitas peduli demokrasi oleh Komisioner KPU Papua Barat Christine Rumkabu (kanan depan), Selasa (27/12).
Pembukaan kursus pemilu komunitas peduli demokrasi oleh Komisioner KPU Papua Barat Christine Rumkabu (kanan depan), Selasa (27/12).

MANOKWARI— Selain meluncurkan rumah pintar pemilu (RPP) untuk meningkatkan partisipasi warga dalam Pilkada Papua Barat 2017, Komisi Pemilihan Umum Papua Barat (KPUPB) juga berencana mendorong pembentukan komunitas masyarakat peduli demokrasi.

Komisioner KPU Papua Barat Cristina Rumkabu mengatakan, komunitas warga yang merupakan bagian dari RPP juga memiliki tujuan yang sama dengan RPP mendorong peningkatan partisipasi warga dalam Pilkada Papua Barat.

Hal ini disampaikan Cristina dalam pembukaan kursus pemilu komunitas peduli demokrasi yang digelar KPU Papua Barat di aula utama kantor KPU Papua Barat, usai peluncuran RPP, Selasa (27/12).

“Komunitas yang nanti dibentuk bertugas menyebarkan informasi kepemiluan kepada masyarakat, mendorong kesadaran warga untuk ikut memantau proses pemilu dan mendorong partisipasi warga dalam pemilu,” kata Cristina saat menyampaikan sambutan.

Christina mengatakan, para peserta yang akan dilibatkan dalam komunitas peduli demokrasi diharapkan bekerja secara sukarela mendorong peningkatan wawasan kepemiluan masyarakat, termasuk yang utama adalah mendorong warga untuk menyalurkan hak pilih mereka pada hari H Pilgub Papua Barat yakni 15 Februari 2017.

KPUPB menurut Christina akan melanjutkan kursus pemilu komunitas peduli demokrasi pada Januari 2017. Komunitas yang akan dilibatkan berasal dari berbagai komponen warga sehingga diharapkan informasi kepemiluan dapat lebih dalam diketahui warga.

Cristina mengatakan mereka yang terlibat dalam Komunitas peduli demokrasi juga mendapat manfaat positif termasuk akan memudahkan individu komunitas jika ingin menjadi bagian dari penyelenggara pemilu dimasa depan, seperti petugas PPD hingga jenjang yang lebih tinggi. “KPU Papua Barat akan memberikan sertifikat kepada peserta yang mengikuti kursus ini.” (*)

KPU Papua Barat

Jl. Arfai II, SMKA Manokwari - Papua Barat

0986-211913

[email protected]

Facebook KPU Papua Barat

Twitter KPU Papua Barat

Kontak Kami