Pendistribusian Logistik Malalui Empat Titik, KPU : Besok Sudah Tiba

Logistik Kertas Suara di PT Tembrina Group Jawa Pos Surabaya Siap dikirim di Papua Barat.
Logistik Kertas Suara di PT Tembrina Group Jawa Pos Surabaya Siap dikirim di Papua Barat.

MANOKWARI-Pendistribusian kertas suara dan kotak suara (Logistik) akan dilakukan melalui empat titik daerah yang kemudian dilanjutkan ke wilayah lainnya.

Hal ini diungkapkan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Barat (PB) Divisi Keuangan dan Logiostik Abdul Halim SidHiq, SSos akhir pekan lalu. Dikatakannya bahwa pencetakan kertas suara calon Gubernur dan wakil Gubernur PB sesui Daftar Pemilih Tetap (DPT) 701.807 yang ditambah 2 persen, sehingga total DPT per TPS di kabupaten, kota se- PB menjadi 720.829 kertas suara tengah dilalukan.

Halim menyebutkan, pencetakan kertas suara yang dilakukan PT Tembrina Group Jawa Pos Surabaya, hanya berlangsung sekira 8 jam. Dan selanjutnya disortir untuk dipeking kemudian dikirim ke PB.

“Mulai 22 Januari 2017, proses pengiriman kertas suara ke KPUD kabupaten melalui empat daerah yang menjadi titik distribusi. Dan besok (24 Januari 2017) sudah tiba semua di empat titik ini,” ungkapnya.

Empat titik daerah yang dimaksud sebut dia, yaitu KPU Kabupaten Manokwari, KPU Kota Sorong, KPU Kaimana dan KPU Fakfak. Untuk Manokwari akan mendistribusi ke KPU Teluk Wondama, Pegaf, Mansel dan Teluk Bintuni.

Sementara, Kota Sorong akan distribusi ke Kabupaten Sorong, Maybrat, Sorong Selatan, Raja Ampat, dan Tambrauw. Sedangkan Kaimana dan Fakfak sudah menjadi titik sendiri mengigat jarak geografis daerah tersebut.

Dan diakuinya, limit waktu pencetakan kertas suara sangat cepat hingga pendistribusian ke daerah pun sangat cepat. Kemudian sebutnya lagi, 25 Januari seluruh kertas suara sudah sampe di 13 KPU Kabupaten/Kota.

Untuk kotak suara dan DPT by name akan di tempel pada TPS, serta undangan pemilih dicetak di Makassar. Untuk perlengkapan KPPS, sebut Sidhiq, seperti bilik suara, sampul, formulir, saat ini sedang dicetak.

“Jadi sampai sekarang tidak ada masalah dan kalau bicara time limitnya sangat cepat,” tuturnya.

Ditanya apakah pencetakan suara dijamin keamanannya dan bebas dari upaya penggandaan, dijawabnya, proses pencetakan hingga pendistribusiannya dijamin aman sampai pada saat pencoblosan.

“Kertas suara langsung melekat dengan KPU dan dijaga ketat aparat keamanan yang bertugas di KPU,” jawabnya.

“Kami sangat menjamin kertas suara aman dan tidak ada bocoran serta lain sebagainya, maka diharapkan setelah kertas suara sampai ke masing-masing KPU, maka langsung diamankan dan memastikan tidak mengalami kerusakan dan lain sebagainya,” tambahnya. (TNJ/*).

KPU Papua Barat

Jl. Arfai II, SMKA Manokwari - Papua Barat

0986-211913

[email protected]

Facebook KPU Papua Barat

Twitter KPU Papua Barat

Kontak Kami