Debat Publik Putaran II Dimulai Pukul 18.00 WIT Hari Ini

JAKARTA- Debat kandidat putaran kedua pemilihan umum gubernur dan wakil gubernur Papua Barat, Kamis hari ini, (2/1) akan dimulai lebih awal, pukul 16.00 – 17.30 WIB atau pukul 18.00 -19.30 WIT. Debat yang akan disiarkan secara langsung melalui Metro TV ini dimajukan lebih cepat dua jam.

Debat akan diikuti pasangan calon nomor urut 1 Dominggus Mandacan – Mohamad Lakotani, nomor urut 2 Irene Manibuy – Abdullah Manaray dan nomor urut 3 Stepanus Malak – Ali Hindom.

Waktu debat dimajukan karena adanya masukan warga Papua Barat. Warga menginginkan waktu debat lebih awal karena sebagian besar warga memiliki kebiasaan menonton TV di jam-jam tersebut.

Keputusan perubahan jam siaran langsung debat ini dicapai dalam pertemuan antara KPU Papua Barat, tim pakar debat kandidat dan para pasangan calon di studio Metro TV Jakarta, Rabu kemarin.

Selain jam siaran live yang berubah, beberapa segmen debat juga mengalami perubahan. Debat ini terdiri atas 5 segmen dan masih dipandu Aviani Malik.

Untuk segmen pertama 1 penyampaian visi misi dan pendalaman visi misi. Segmen ke 2 pertanyaan tim pakar melalui moderator kepada pasangan calon. Nah di Segmen ke 3 pasangan calon saling bertanya, menjawab dan saling menanggapi. Dimulai dari pasangan nomor urut 1 kepada pasangan nomor urut 3, 2 ke 1 dan 3 ke 2.

Pada segmen 4 kebalikan dari segmen tiga. Calon masih saling bertanya, menjawab dan saling menanggapi. Dimulai dari pasangan nomor urut 3 kepada nomor urut 1, 1 ke 2 dan 2 ke 3.

Segmen 5 clossing statement tiap paslon. Disini tiap calon gubernur diberi waktu 1 menit untuk memberikan pernyataan penutup. Tiap calon wakil gubernur juga demikian diberikan waktu 1 menit untuk memberikan pernyataan penutup.

Selain itu jika pada debat pertama pasangan calon berdiri dalam berdebat, diputaran kedua mereka akan disediakan kursi untuk duduk. Mereka juga diperbolehkan membawa kertas untuk menulis catatan. Pihak Metro juga akan memberikan mike melekat di telinga untuk memudahkan mereka dalam berbicara.

Untuk menyesuaikan perubahan-perubahan tersebut kemarin langsung dilakukan gladi resik oleh calon wakil gubernur dari seluruh pasangan calon yang didampingi ketua-ketua tim sukses.

Debat yang mengambil tema “Mensinergikan pembangunan pusat dan daerah serta mengefektifkan penyelenggaraan otonomi khusus” itu masih menghadirkan tim pakar masih sama. Agus Sumule dari (UNIPA), Ahcmad Rohani (UNIPA), Marthen Arie yang adalah pakar hukum tata negara (UNHAS), Hanike Monim (UNIPA) dan Rektor UNIPA Jakob Manusawai.

Rapat juga menyepakati tiap pasangan calon membawa 75 orang dalam ruangan debat. Jumlah ini bertambah 15 orang dari jumlah sebelumnya yang hanya 60 orang.

Adapun undangan KPU Papua Barat mencapai 260 terdiri dari pejabat daerah Muspida Papua Barat, Pj. Gubernur Papua Barat Eko Subowo, Sekda Papua Barat Nataniel Mandacan, Pangdam Kasuari, Kapolda Papua Barat, bupati/wali kota se Papua Barat.

Juga tokoh adat, tokoh agama, pimpinan SKPD se Papua Barat, komisioner KPU kabupaten/kota, Bawaslu Papua Barat dan Panwaslu kabupaten/kota, anggota dewan di DPR RI dan DPD RI asal Papua Barat. (/*)

KPU Papua Barat

Jl. Arfai II, SMKA Manokwari - Papua Barat

0986-211913

[email protected]

Facebook KPU Papua Barat

Twitter KPU Papua Barat

Kontak Kami