Debat Publik Cagub PB, Pakar : Merangsang Partisipasi Pemilih

 

Suasana Debat Publik Kandidat Gubernur Papua Barat, yang dipandu moderator Haviani Malik, Di Grand Studio Metro TV, Jumat (20/1/2017) malam.
Suasana Debat Publik Kandidat Gubernur Papua Barat, yang dipandu moderator Haviani Malik, Di Grand Studio Metro TV, Jumat (20/1/2017) malam.

JAKARTA- Debat Publik kandidat Gubernur yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Barat (PB) di stasiun televise suwasta Nasional, disebut bakal merangsang meningkatnya Partisipasi Pemilih.

Hal itu diungkapkan akademisi sekaligus Ketua Tim Pakar Debat Publik, Agus Sumule usai mengikuti Debat Publik Kandidat Gubernur PB di Grand Studio Metro TV, Jumat (20/1) malam.

Dikatakannya, dari pemaparan visi-misi oleh masing-masing Pasangan Calon (Paslon), dapat memberikan gambaran pada masyarakat PB dalam menentukan pilihannya. Sehingga turut merangsang meningkatnya partisipasi pemilih nantinya.

“Kita meyakini dari pemaparan visi dan misi pada debat pertama ini setidaknya masyrakat dapat menilai dan memilih yang terbaik dari yang terbaik. Sehingga Merangsang meningkatnya partisipasi Pemilih,” ungkap dekan Pertanian Universitas Papua tersebut.

Agus melanjutkan, diharapkan para Paslon untuk lebih menyiapkan diri lagi, sehingga dapat memaparkan program visi dan misinya pada debat kandidat putaran kedua, 2 Februari 2017 mendatang.

“Kalau bisa mereka lebih bisa muncul dengan program-program yang tajam dan kongkrit lagi. Sehingga masyrakat akan semakin bergairah untuk memilih calon pemimpin yang diharapkannya,” tuturnya.

Dia menambahkan, masyarakat PB yang memiliki hak pilih, akan semakin mantap untuk memilih calon pemimpinnya. Masyarakat PB tentu akan mencatat janji politik yang akan ditagih saat pasangan pilihannya sudah terpilih jadi pemimpin PB.

Sedangkan bagi masyarakay PB yang masih belum bisa menentukan pilihan, debat akan memberikan informasi tambahan terkait visi dan misi calon pemimpinnya mendatang.

IMG20170120174008

Dia sendiri menilai bahwa debat perdana tersebut berlangsung dinamis. Masing-masing pasangan calon memperlihatkan kemampuan optimalnya dalam menyampaikan visi, misi, dan programnya.

Dan terakahir dikatakannya, semua apa yang dipaparkan oleh masing-masing paslon mengena pada esensi yang menjadi tema debat dan diharapakan masyrakat.

“Semuanya bagus, dan komitmen pada visi-misi masing-masing dan esensinya dapat,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua KPU PB Amus Atkana SPt., MM mengatakan, kegiatan ini bukan semata-mata suatu rangkaian kegiatan tahapan kampanye semata. Namun kata dia, setidaknya memberikan makna bagi masyarakat PB khusnya untuk menentukan pilihannya.

“Mari kita menentukan pilihan kita. Pilihan kita Boleh beda tapi itu indah. Siapapun yang kita pilih dan terpilih, yakin lah itu yang terbaik dari yang terbaik. Akhirnya terimakasih salam. Kalau bukan sekarang kapan lagi kalau bukan kita orang siapa lgi,” pungkasnya.

IMG20170120192750

Pantauan langsung, Debat Pablik tersebut selain dihadiri Komisioner dan Sekretariat KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota, juga dihadiri oleh beberapa Kepala Daerah Bupati dam Wali Kota serta Pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada.

Teriakan dukungan dan yel-yel masing-masing pendukung paslon juga membuat susana berjalan meriah serta pemuh semangat dari para kandidat. (TNJ/*).

 

 

KPU Papua Barat

Jl. Arfai II, SMKA Manokwari - Papua Barat

0986-211913

[email protected]

Facebook KPU Papua Barat

Twitter KPU Papua Barat

Kontak Kami